Pemain Terbaik di 6 Piala Dunia Terakhir, Nasib Mereka Sekarang?

0
Pemain Terbaik di 6 Piala Dunia Terakhir, Nasib Mereka Sekarang?

Pemain Terbaik di 6 Piala Dunia Terakhir, Nasib Mereka Sekarang?

 

Pemain Terbaik di 6 Piala Dunia Terakhir, Nasib Mereka Sekarang?. Turnamen Piala Dunia selalu menghasilkan pemain-pemain terbaik di setiap edisinya. Namun, penghargaan Golden Ball resmi baru diperkenalkan sejak edisi 1982. Dalam tiga edisi pertama sejak diperkenalkan, penghargaan Golden Ball masing-masing telah dimenangkan oleh Paolo Rossi, Diego Maradona dan Salvatore Schilaci.

Menariknya, FIFA LGOACE tidak selalu memilih pemenang penghargaan pemain terbaik dari tim pemenang. Bahkan, trofi ini lebih sering dimenangkan oleh pemain yang gagal mengangkat trofi di akhir turnamen.

⦁ Piala Dunia 1994: Romario

Romario terpilih sebagai pemenang Golden Ball di Piala Dunia 1994. Romario menjadi andalan lini depan Brasil dan sukses membawa negaranya menjadi juara.

Sepanjang turnamen yang digelar di Amerika Serikat itu, Romario berhasil mencetak lima gol, masing-masing satu gol dalam tiga pertandingan penyisihan grup, satu gol di perempat final, dan satu gol lagi di semifinal.

Romario dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen, mengalahkan Roberto Baggio yang memenangkan Bola Perak dan Hristo Stoichkov yang menerima Bola Perunggu.

⦁ Senjata Karir dan Arahkan ke Politik

Sepanjang karirnya, Romario hanya bermain untuk tiga klub Eropa, yakni PSV, Barcelona, ​​dan Valencia. Ia lebih banyak berkarier di liga lokal Brasil. Di penghujung karirnya, Romario sempat melakukan perjalanan ke Qatar, Amerika Serikat, hingga Australia. Romario akhirnya memutuskan pensiun pada 2009.

Setahun, Romario membanting set ke dunia politik. Dia saat ini menjadi senator Rio de Janeiro dan Wakil Presiden Kedua di Senat Federal.

⦁ Piala Dunia 1998: Ronaldo

Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia 1998 diraih oleh pemain Brasil, yaitu Ronaldo. Penampilan Ronaldo di edisi kali ini memang sangat fenomenal. Ronaldo mencatatkan empat gol dan tiga assist untuk membantu Brasil melaju ke final. Ronaldo juga mencetak gol saat adu penalti di pertandingan semifinal melawan Belanda.

Sayangnya, semuanya menjadi antiklimaks di final. Ronaldo awalnya sempat masuk starting line-up karena tidak fit. Namun, ia akhirnya dimasukkan dalam line-up Brasil.

⦁ Menjadi Presiden Klub

Setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 2011, Ronaldo telah bekerja sebagai duta untuk banyak acara dan badan, dari Piala Dunia 2014 hingga UNDP. Pada September 2018, Ronaldo resmi menjadi pemegang saham mayoritas klub La Liga Real Valladolid setelah membeli 51 persen saham seharga 30 juta euro.

Desember 2021 lalu, Ronaldo membeli saham mayoritas dari klub masa kecilnya, Cruzeiro. Ronaldo bernilai 70 juta dolar AS untuk Cruzeiro.

⦁ Piala Dunia 2002: Oliver Kahn

Oliver Kahn terpilih sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia 2002. Kahn juga menjadi penjaga gawang pertama yang memenangkan trofi Bola Emas dalam sejarah Piala Dunia.

Kahn berhasil membawa Jerman ke final, sayangnya kalah dari Brasil. Sepanjang turnamen, net hanya kebobolan tiga gol, masing-masing satu gol di babak penyisihan grup dan dua gol di final.
Kahn berhasil mengalahkan dua pesaingnya, yakni Ronaldo yang meraih Silver Ball dan Hong Myung-bo yang meraih Bronze Ball.

⦁ Piala Dunia 2006: Zinedine Zidane

Berbicara soal Piala Dunia 2006 tak lepas dari nama Zinedine Zidane. Pemain berkepala plontos itu menjadi salah satu kunci utama keberhasilan Prancis melaju ke final. Zidane mencetak gol dan memberi assist di babak 16 besar, membantu di perempat final dan mencetak gol dari adu penalti di semifinal dan final.

Final melawan Italia adalah pertandingan terakhir Zidane LGOACE sebagai pesepakbola profesional. Sayangnya, akhir karirnya menjadi antiklimaks karena sebuah kejadian yang sensasional.

Di perpanjangan waktu, Zidane tiba-tiba mendekati bek Italia, Marco Materazzi dan menanduk dada lawan. Akibatnya, Zidane diganjar kartu merah. Prancis akhirnya kalah dalam adu penalti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *